Menjadi Tenaga Pengajar – Part 1

Aku tak pernah menyangka bahwa aku akan menjadi guru bahasa Inggris seperti saat ini. Dulu sewaktu SD, aku bercita-cita ingin menjadi dokter. Lalu berubah ingin menjadi tukang listrik waktu SMP. Haha, mungkin itu adalah cita-cita yang aneh. Tapi ya, dulu aku sukak kali dengan yang namanya listrik dan rangkaian elektronika. Semasa SMA, aku mengenal komputer. Lalu aku berubah haluan ingin menjadi ahli IT. Eh, ternyata kuliahku adalah jurusan Akuntansi.

Dulu aku tak ingin menjadi guru. Bapakku merupakan seorang guru, dan bagiku menjadi tenaga pengajar itu adalah hal yang sangat membosankan. 

Tibalah aku mengenal suatu organisasi yang membuatku belajar banyak bahasa Inggris. Waktu itu kemampuan bahasa Inggrisku paspasan. Lalu aku memberanikan diri untuk gabung ke basecamp mereka. Ternyata di sana banyak orang asing dari Asia dan Eropa.  Mau tak mau ya… aku harus pakek bahasa Inggris la ya kan. Sebulan kemudian, aku memberanikan diri untuk menjadi penerjemah mereka jika mereka mengadakan kuliah umum ke sekolah-sekolah ataupun kampus-kampus. Bagiku, pengalaman itu menarik kali. Dari situ aku mengasah kemampuanku berbahasa Inggris dan public speaking. Ya, walaupun kemampuanku paspasan, tapi menurutku itu sudah lumayan bagusla.

Lalu aku memberanikan diri untuk mencari pekerjaan. Awalnya sih aku ingin mencoba menjadi guru, karena aku pernah pergi ke sekolah-sekolah dan menghadapi murid sekolahan. Bagiku, itu adalah tantangan. Aku pun dites dan diwawancara oleh manajer akademik di suatu kursus ternama di kota Medan. Aku diterima! Yeay! 

Perjuangan tak berhenti sampai di situ. Masih banyak hal yang aku alami selama menjadi guru bahasa Inggris di salah satu kursus bahasa Inggris. Nanti aku lanjut lagi ya, ces. 

Ditulis dalam Korean. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

