Pengalaman Menulis

Menulis bagiku adalah hal yang sangat menyenangkan. Banyak yang ingin kuceritakan pada dunia melalui tulisan-tulisanku. Aku memang bukan penulis novel profesional. Aku hanyalah seorang blogger yang juga berusaha menyusun novel. Kapan pertama kali aku mencoba menulis? Ya pastinya waktu TK. Tapi ya tulisanku pada waktu TK dan SD sangat jelek. Itu sebabnya aku sangat malas menulis apapun. Terlebih lagi aku sering diledek ketika aku mengerjakan tugas mengarang ketika masih SD. 

Masuklah aku ke SMP. Waktu itu zamannya Akademi Fantasi Indosia*. Bagi kamu generasi 90-an, pasti tau itu apa. Yang pasti bukan sejenis makanan lah, ces! Aku menuliskan beberapa lirik lagu yang ngehits karena ajang pencarian bakat tersebut. Lirik-lirik lagu tersebut aku tuliskan di beberapa halaman awal di buku tulis. Sementara itu, di pertengahan buku itu, aku menuliskan sebuah cerpen. Teman-temanku rajin membacanya. Aku menulis lagi. Dan respon mereka sangat positif. Eh…. apakah ini bakatku? Gak tau la ya kan… Yang pasti, aku menikmatinya. 

Selama SMP, aku mulai rajin menulis. Tapi, ya cuma sekadar dibaca kawan-kawan aja. Sejak saat itu, tulisanku menjadi semakin indah dan rapi. Mungkin ini efek samping dari menulis… 

Gak sampai di situ. Aku tetap menulis selama SMA. Di kelas kami, kami bikin majalah dinding. Dan aku orang yang paling rajin menulis cerbung. Aku ketik di komputer Pentium 4 di rumah, lalu aku prin. Aku tempelin di mading. Pernah satu kali atau dua kali puisiku dimuat di media lokal. Tapi miris, aku gak dapat bayaran. Tak apalah. Lalu aku mencoba menulis novel waktu kelas 2 SMA. Aku ketik sampai tamat. Aku kirim ke penerbit, tapi macam gak direspon si penerbit. Aku pun pupus harapan. Jadi males nulis. Sejak saat itu, passion-ku untuk menulis menjadi berkurang. 

Tentang blogging? Hm… aku masih ingat. Aku mulai blogging sejak kelas 2 SMA, taon 2006 akhir. Aku bikin blog dari warnet dekat bimbingan Medica, tempat aku dulu bimbingan. Gak apa-apalah sebut merek. Toh, aku gak bilang hal yang aneh-aneh ye kan.

Tak terhitung sudah berapa banyak blog yang sudah aku buat di blogspot. Tak terhitung sudah berapa banyak email juga yang aku daftarkan. Plasa, telkomnet instan, yahoo, ymail, msn, hotmail, dll. Masalah utamanya adalah, aku sering lupa username dan password. Masalah lumrah yang dihadapi para pemula blogging. 

Pada bulan Juni 2011, aku pun bermigrasi ke WordPress. Kenapa? Ya awalnya sih karena template di blogspot itu lumayan berat untuk di-loading di jendela pengunjung. Sementara itu, desain WordPress cukup sederhana tapi menarik. Ya, blog ini sudah berusia 7 tahun, tepatnya tanggal 21 nanti. Kemek-kemek (makan-makan) gak ya??? AH, gak usahlah. Merayakannya dengan menulis aja sepanjang bulan Juni.

Bisa dibilang, blog ini adalah titik balik aku menulis. Ya, memang pernah ‘tertidur’, lalu bangun, lalu hibernasi, lalu bangun lagi, lalu hiatus, lalu comeback lagi. Ya begitu seterusnya. Tapi setidaknya kerana blog ini, aku masih konsisten untuk menulis. Ya, 6 tahun konsisten blogging, dan tak pernah gonta-ganti blog lagi. Tetap stay tune di WordPress aja.

Lalu sampai kapan aku menulis? Gak usah ditanyak lah. 

Ditulis dalam Korean. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

