Belajar Bahasa Inggris: FUTURE PERFECT CONTINUOUS TENSE

Untitled

Pola:
Kalimat Positif:
I/You/We/They/He/She/It + will have been + V-ing

Kalimat Negatif:
I/You/We/They/He/She/It + will not have been + V-ing
atau
I/You/We/They/He/She/It +won’t have been + V-ing

Kalimat Pertanyaan Positif:
Will + I/You/We/They/He/She/It + have been + V-ing

Kalimat Pertanyaan Negatif:
Won’t + I/You/We/They/He/She/It + have been + V-ing

FUTURE PERFECT CONTINUOUS TENSE hampir sama dengan FUTURE PERFECT TENSE. Bedanya, FUTURE PERFECT CONTINUOUS lebih merujuk pada suatu kegiatan yang terjadi dari saat ini hingga masa mendatang, yang mungkin belum kunjung selesai.

Contoh:
I will have been waiting here for 4 hours. [Saya akan menunggumu selama 4 jam]
Artinya, selama 4 jam ke depan, ‘saya’ akan masih tetap menunggu.

Next year, i will have been working here for 4 years. [Tahun depan, saya akan sudah bekerja di sini selama 4 tahun]
Artinya, tahun depan adalah tahun ke-4 ‘saya’ bekerja. Pada saat kalimat diucapkan, ‘saya’ sudah lama bekerja, dan sedang bekerja, serta masih akan tetap bekerja hingga tahun depan. Bahkan, mungkin tahun depan ‘saya’ akan masih tetap melanjutkan pekerjaan ‘saya’.

By next January, she will have been living here for a year. [Pada Januari tahun depan, dia akan genap tinggal di sini selama setahun]

Sebagai kesimpulan, kalimat FUTURE PERFECT CONTINUOUS TENSE adalah kalimat yang kegiatan atau peristiwanya berlangsung dari masa lalu atau hari ini hingga waktu yang tertera di kata keterangan (yakni di masa mendatang)

Tinggalkan Balasan

