Belajar Bahasa Inggris: PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE

Untitled

PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE

Pola:
Kalimat Positif:
I/You/We/They/He/She/It + had been + V-ing

Kalimat Negatif:
I/You/We/They/He/She/It + had not been + V-ing
atau
I/You/We/They/He/She/It + hadn’t been + V-ing

Kalimat Pertanyaan Positif:
Had + I/You/We/They/He/She/It + been + V-ing

Kalimat Pertanyaan Negatif:
Hadn’t + I/You/We/They/He/She/It + been + V-ing

PAST PERFECT CONTINUOUS hampir bersesuaian dengan PRESENT PERFECT CONTINUOUS, tapi referensi waktu PAST PERFECT CONTINUOUS lebih terdahulu daripada PRESENT PERFECT CONTINUOUS.

Perbedaan PAST PERFECT CONTINUOUS dengan PAST CONTINUOUS:
Contoh:
When i saw Roni, he was playing football.  artinya Roni masih bermain sepakbola ketika aku melihatnya di masa lalu.
When i saw Roni, he had been playing football.  artinya Roni baru saja selesai sepakbola ketika aku melihatnya/menemuinya.

Perbedaan PAST PERFECT CONTINUOUS dengan PAST PERFECT:
PAST PERFECT CONTINUOUS lebih berfokus pada peristiwa yang sedang berlangsung sebelumnya, sementara PAST PERFECT lebih berfokus pada hasil (akibat dari) perbuatan atau kegiatan yang terjadi sebelumnya.
Contoh:
I had been sweeping the floor last night. [Saya telah menyapu lantai semalam]  berfokus bahwa sebelumnya, saya sedang menyapu.
I had swept the floor last night. [Saya telah menyapu lantai semalam]  ingin menegaskan pada pendengar atau pembaca kalimat tersebut bahwa saya sudah menyapu dan memberikan hasil dari kegiatan saya.

Tinggalkan Balasan

