Profil Ed Sheeran

Untitled

ED SHEERAN

Siapa yang tak kenal dengan penyanyi yang satu ini. Salah satu lagunya yang terkenal adalah ‘Thinking Out Loud’. Ed Sheeran bernama lengkap Edward Christopher Sheeran. Selain menjadi penyanyi, beliau juga merupakan seorang penulis lagu. Dia dilahirkan di Hebden Bridge, West Yorkshire. Lalu dia dibesarkan di Framlingham, Suffolk. Pada tahun 2008, Ed pindah ke London untuk mengejar karirnya di bidang musik. Pada awal 2011, Ed merilis ‘No. 5 Collaboration Project’ yang menarik perhatian Elton John dan Jamie Foxx. Kemudian Ed menandatangani kesepakatan di Asylum Record.

Kedua lagunya yang berjudul ‘The A Team’ dan ‘Lego House’ dari album debutnya ‘+’ mendapatkan 6× Platinum di Inggris. Kemudian Ed memenangkan dua kategori Brit Award sebagai ‘Artis Solo Pria Inggris Terbaik’ dan ‘Artis Pendatang Baru Inggris’.

Selain itu, lagu ‘The A Team’ juga memenangkan Ivor Novello Award dalam kategori Lagu Terbaik Secara Musikal dan Lirik.

Pada tahun 2013, lagu ‘The A Team’ menjadi nominasi ‘Song of the Year’ dalam Grammy Award. Dan pada tahun 2014, Ed menjadi nominasi dalam ‘Artis Baru Terbaik’ dalam Grammy Award ke-56.

Kepopuleran Ed di luar negeri dimulai pada tahun 2012. Di Amerika Serikat, dia tampil sebagai  bintang tamu di album studio ke-4 dari Taylor Swift dalam lagu yang berjudul Red. Ed juga menulis beberapa lagu untuk One Direction. Ed menghabiskan banyak waktunya pada tahun 2013 sebagai penampil pembukaan dalam tur Red-nya Taylor Swift.

Album studio Ed yang kedua, x (dibaca ‘multiply’ yang artinya berlipat ganda), dirilis secara global pada tanggal 23 Juni 2014. Album tersebut menduduki peringkat pertama dalam UK Albums Chart dan US Billboard 200.

Kemudian pada tahun 2015, album ‘x’ tersebut memenangkan kategori ‘British Album of the Year’ dan menjadi nominasi dalam Grammy Award ke-57 dengan kategori ‘Album of the Year’. Sebagai bagian dari tur album ‘x’-nya, Ed melakukan 3 konser di Wembley Stadium di London pada bulan Juli 2015, yang merupakan salah satu pertunjukkannya yang paling besar hingga saat ini.

ed sheeran
KEHIDUPAN AWAL
Ed terlahir di Hebden Bridge kemudian pindah ke Framlingham semasa masih anak-anak. John Sheeran, ayahnya, adalah seorang kurator dan dosen di bidang seni. Orangtuanya mendirikan sebuah biro konsultasi di bidang seni dengan nama ‘Sheeran Lock’ dari tahun 1990 hingga 2010.  Ed merupakan anak termuda dari 2 bersaudara. Abangnya bernama Matthew merupakan seorang komposer musik klasik yang merupakan lulusan pascasarjana musik. Kakek-nenek Ed dari ayahnya adalah orang Irlandia. Dan Ed dibesarkan dalam lingkungan keluarga Katolik Roma. Semenjak usia 4 tahun, dia sudah bernyanyi dalam paduan suara gereja. Ed belajar main gitar pada usia yang masih sangat muda. Ed mulai untuk menulis lagu semasa menjadi pelajar di Thomas Mills High School di Framlingham. Selama masih anak-anak, Ed sering mendengarkan lagu-lagu Van Morrison selama perjalanan ke London. Ed juga menonton penampilan Damien Rice di Irlandia ketika Ed berusia 11 tahun. Selain menyukai Damien Rice, Ed juga menyukai The Beatles, Bob Dylan, Nizlopi, dan Eminem. Musisi-musisi tersebutlah yang memberi pengaruh besar pada Ed Sheeran. Ed adalah seorang pendukung Youth Music Theater UK (Teater Musik Pemuda di Inggris). Lalu, Ed diterima sebagai remaja dalam National Youth Theater (Teater Pemuda Nasional) di London.

KARIR DI BIDANG MUSIK
2005 – 2010: Awal Mula Karir
Ed memulai rekaman musik pada tahun 2005 dengan merilis Extended Play yang berjudul ‘The Orange Room’ (Di dalamnya terdapat lagu I Love You, Addicted, Misery dan Moody Ballad Of Ed). Sejak berusia 15 tahun, Ed telah berteman dengan seorang kawan yang merupakan penyanyi dan juga penulis lagu. Setelah pindah ke London pada tahun 2008, Ed mengikuti audisi sebuah serial ITV yang berjudul ‘Britannia High’. Ed merilis Extended Play lainnya pada tahun 2009 yang bertajuk ‘You Need Me’. Pada februari 2010, Ed mengirim sebuah video sehingga seorang rapper bernama Example mengundang Ed untuk ikut tur bersamanya. Lalu Ed merilis sebuah Extended Play yang bertajuk ‘Loose Change’.

April 2010, Ed pergi menuju Los Angeles dan memainkan open mic di seluruh kota itu. Hal itu membuat Jamie Foxx menjadi terkesan dan memberikan Ed untuk menggunakan dapur rekaman milik Foxx. Foxx juga memberikan tumpangan pada Ed untuk tinggal di Hollywood. Sepanjang 2010, Ed mulai dilihat banyak orang, terutama di YouTube. Fanbase-nya pun berkembang. Hal itu membuat Ed mendapat pujian dari berbagai pihak, seperti surat kabar The Independent, Rio Ferdinand (kapten sepakbola Inggris), dan Elton John. Di tahun yang sama, Ed merilis dua Extended Play lainnya yakni ‘Ed Sheeran: Live at the Bedford’ dan ‘Songs I Write with Amy’ yang merupakan dia tulis bersama Amy Wadge (seorang penyanyi dan penulis lagu).

Sheeran-e1420485651331

2011 – 2013: Keberhasilan secara Internasional
Januari 2011, Ed merilis Extended Play nya secara indie yang berjudul ‘No. 5 Collaborations Project’ yang merangkul musisi seperti Wiley, JME, Devlin, Sway, dan Ghetts. Melalui Extended Play tersebut, Ed berhasil mendapat perhatian sehingga mencapai posisi kedua pada tangga lagu iTunes tanpa sedikit pun promosi atau label. Single tersebut kemudian terjual sebanyak 7.000 salinan (dari iTunes) pada minggu pertama. Tiga bulan kemudian, Ed tampil secara gratis untuk para penggemarnya di Barfly (Camden Town). Lebih dari 1000 penggemar yang hadir untuk melihat penampilannya. Beberapa bulan setelah itu, Ed menandatangani kontrak di Asylum/Atlantic Records.

26 April 2011, Ed tampil di sebuah acara TV bernama ‘Later… with Jools Holland’. Ed menampilkan single debutnya yang berjudul ‘The A Team’. 6 minggu kemudian, single tersebut dirilis secara digital di Inggris, dan berhasil menduduki peringkat ketiga pada UK Singles Chart. Single tersebut kemudian terjual sebanyak 58.000 salinan pada minggu pertama. ‘The A Team’ merupakan single terbaik yang terjual paling banyak hingga 2011, yakni sekitar 801.000 salinan, dan menjadi single ‘top ten’ di tangga lagu di Australia, Jerman, Irlandia, Jepang, Luksemburg, Selandia Baru, Norwegia, dan Belanda. Single kedua dari album Ed adalah ‘You Need Me, I don’t Need You’ dirilis pada Agustus 2011, dan berhasil menduduki peringkat keempat dalam tangga lagu UK Singles Chart. Single ketiga adalah ‘Lego House’, juga berhasil menjadi 10 lagu terbaik di Australia, Irlandia, Skotlandia, dan Selandia Baru.

Single ‘Drunk’ dirilis pada 19 Februari 2012 menjadi single Ed yang juga berhasil masuk dalam top ten pada tangga lagu di Inggris. Ed merilis album ‘+’ pada 12 September 2011.

Lagu ‘Moments’ yang merupakan salah satu lagu dari album debut One Direction merupakan lagu yang penulisannya dibantu oleh Ed Sheeran. Kemudian pada 10 Januari 2012, Ed Sheeran mendukung acara tur Snow Patrol di Amerika Serikat yang akan diadakan mulai Maret hingga Mei 2012.

Salah satu lagunya yang berjudul ‘Give Me Love’ pernah muncul pada episode ‘Dangerous Liaisons’ dalam serial ‘The Vampire Diaries, dan juga di sitkom ‘Cougar Town’. Taylor Swift pernah menghubungi Ed setelah Taylor mendengar musik Ed. Ed pun membantu menulis sebuah lagu yang berjudul ‘Everything Has Changed’ pada album Red-nya Taylor Swift. Album itu menjadi album dengan penjualan tertinggi selama 2012 dan masuk nominasi Grammy Awards 2014. Ed juga menulis lagu ‘Over Again’ dan ‘Little Things’ untuk album Take Me Home-nya One Direction.

Album Sheeran berhasil menduduki peringkat ke-5 pada Billboard 200. Sedangkan lagu ‘The A Team’ menduduki peringkat ke-16 pada Hot 100 di tahun 2012. Pada tahun 2013, Ed ikut tampil dalam tur ‘Red’-nya Taylor Swift. Dan kembali merilis single berjudul ‘I See Fire’ yang menjadi soundtrack film The Hobbit: The Desolation of Smaug. Lagu tersebut menjadi lagu penutup film itu.

Pada tanggal 23 Juni 2014, Ed merilis album ‘x’. Lagu ini berhasil menduduki posisi puncak pada UK Albums Chart dan US Billboard 200. Dia merekam album itu di Los Angeles bersama produser Rick Rubin. Rick Rubin menyarankan agar album itu direkam secara akustik terlebih dahulu, lalu jika ada penambahan instrumen, akan dilakukan belakangan. Lagu ‘Sing’ memperoleh penghargaan MTV 2014 dalam kategori Video Terbaik Pria.

Ed merilis video klip ‘Thinking Out Loud’ pada 8 Oktober 2014 di mana dia menari bersama seorang wanita pada video klip tersebut. Sehari kemudian, jumlah penonton video tersebut mencapai lebih dari 2 juta penonton.

Dan viewers pasti tahu, bahwa Ed juga sudah merilis video klip dari ‘Photograph’. Ed menampilkan foto-fotonya dari masa kecilnya. Video klip itu menunjukkan kisah hidup Ed secara nyata.

Pada tahun 2012, Ed membeli lahan perkebunan dekat Framlingham. Dia berharap bisa membentuk keluarganya di sana. Hmm, ternyata Ed memiliki visi yang sangat kuat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: