Atheis di Negara “Relijius”

Ketika pertama kali aku membaca berita ini, aku kaget. Mengapa bisa itu terjadi????

Atheist

Berita ini aku baca dari situs berita VOA Indonesia. Judul berita itu adalah “Atheis Seluruh Dunia Hadapi Penyiksaan, Diskriminasi”. Jika teman-teman mau membaca beritanya, bisa kunjungi link ini: Atheis Seluruh Dunia Hadapi Penyiksaan, Diskriminasi.

Terus, apa pandanganku mengenai berita ini? Aku sangat miris hal itu bisa terjadi. Bagaimana mungkin sebuah negara yang mengaku relijius, tapi tidak adil dalam memperlakukan warga negaranya? Aku bukanlah seorang Atheis, dan aku juga tidak bermaksud untuk membela Atheis dengan mencela kaum relijius. Tapi, jika seseorang memang benar-benar percaya pada Tuhan, sudah sewajarnya dong harus menghormati sesamanya manusia dan tidak memperlakukan secara diskriminasi.

Bukankah keyakinan itu adalah hak setiap orang untuk memilih? Dan bukankah untuk tidak memilih keyakinan adalah juga sebuah pilihan? Jika teman-teman menyadari, mayoritas Atheis jauh lebih beradab dan peduli sesama ketimbang mereka yang mengaku beragama. Aku sering mendengar berita bahwa kaum Atheis sering melakukan aksi amal. Mereka menjunjung tinggi kemanusiaan.

Ketika aku menelusuri Facebook, aku sering menemukan orang-orang yang Atheis. Lalu mereka mengatakan tentang alasan mengapa mereka menjadi Atheis. Kamu tahu mengapa? Karena mereka kecewa melihat perilaku kaum beragama yang justru tidak mencerminkan manusia yang beradab. Justru banyak aktivis relijius yang mengatasnamakan agama untuk melakukan tindakan anarkis.

Bagiku, seorang Atheis adalah juga teman bagi kita yang memiliki agama. Kita tidak pantas mendiskriminasikan mereka hanya karena mereka adalah “orang luar” dari agama yang ada di dunia ini. Soal keyakinan, biarlah mereka yang menentukan ke arah mana.

Tinggalkan Balasan

