Manfaat Mineral dalam Susu

Mineral seperti halnya protein membantu tubuh untuk tumbuh dan memelihara kesehatan. Kalsium adalah salah satu mineral terpenting yang terkandung di dalam susu, dan susu merupakan makanan utama sumber kalsium.Mineral lainnya yang terkandung di dalam susu adalah potasium, fluor, sodium, sulfur, dan mengandung aluminium, tembaga, iodine, besi, mangan, dan seng dalam jumlah lebih sedikit. Drg Astrid Khatalia SpPros dari klinik Escalade Dental Care Specialist, Jakarta, mengatakan, mineral dalam susu yang sangat penting untuk pertumbuhan dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi adalah kalsium dan fluor. Kalsium berfungsi dalam proses mineralisasi gigi. Defisiensi atau kekurangan zat ini dapat mengakibatkan kalsifikasi jaringan keras terhambat. Pada umumnya kalsium banyak diketahui sebagai bahan pembentuk tulang. Karena itu, kalsium sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang.
.
Namun, ternyata kalsium (Ca) adalah salah satu mineral yang dapat membantu membuat gigi menjadi kuat dan sehat, baik pada gigi susu, masa pertumbuhan gigi dewasa, bahkan pada saat kita telah dewasa. Setelah gigi tumbuh, gigi-geligi juga tetap memerlukan kalsium sehingga dapat berkembang secara penuh. Astrid juga mengatakan, menjaga kecukupan kalsium sejak muda sangat membantu mencegah penyakit gusi pada usia tua. Kalsium juga membuat tulang rahang kuat dan sehat sehingga gigi akan tetap sehat dan tidak mudah lepas.
.
”Kalsium yang dibutuhkan setiap hari untuk anak 1-3 tahun adalah 500 mg,anak usia 4- 8 tahun membutuhkan 800 mg, dan usia 8-19 tahun memerlukan 1.300 mg kalsium. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan anak-anak tidak mendapatkan kalsium sesuai dengan yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan dan lebih dari separuh anak usia belasan tahun (ABG) juga tidak mengonsumsi kalsium yang cukup,” paparnya.
.
Dia juga mengingatkan tidak minum susu berarti asupan gizinya kurang terpenuhi sehingga dapat terjadi malanutrisi. Selain itu,vitamin (A,C, D) dan mineral (Ca, P, F) yang terkandung dalam susu yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan gigi menjadi tidak terpenuhi pula sehingga gigi menjadi lebih rapuh dan sangat rentan terjadi karies gigi.
Dari mana kita dapat menemukan sumber kalsium? Susu dan makanan atau makanan kecil (snack) yang terbuat dari susu misalnya keju dan yoghurt adalah sumber kalsium yang sangat besar. Satu gelas susu (8 ons) mengandung 800 mg kalsium.Hanya dua gelas susu setiap hari untuk anak usia pertumbuhan dapat menjamin kecukupan kalsium dalam sehari. Susu juga mengandung vitamin dan mineral lain yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selanjutnya, untukbayisebaiknya mengonsumsi air susu ibu (ASI), anak-anak usia 1-2 tahun sebaiknya minum whole milk, sedangkan anak usia 2- 5 tahun sebaiknya secara berangsur-angsur beralih ke susu tanpa lemak (skim) atau susu low fat dengan kandungan lemak 1%.
.
”Karena itu, sebaiknya para orang tua sebaiknya menjaga agar anak selalu mengonsumsi kalsium dengan cara menyediakan makanan/ minuman dan makanan selingan yang mengandung kalsium. Suatu hal yang perlu diingat adalah anak selalu mencontoh kebiasaan orang tua atau saudara kandungnya sehingga sebaiknya buatlah suatu kebiasaan dalam keluarga untuk mengonsumsi susu dalam sehari-hari,” kata Drg Tri Julianti SpKGA, spesialis dokter gigi anak. Untuk fungsi fluor sebagai bahan pembentuk kristal hidroxyapatite dan meningkatkan resistensi atau ketahanan gigi terhadap demineralisasi. Defisiensi atau kekurangan zat ini dapat meningkatkan risiko terjadinya demineralisasi (berhentinya proses mineralisasi, dan tulang-tulang atau jaringan keras tubuh menjadi rapuh) saat gigi terekspos pada lingkungan asam.
.
Cara kerja fluor adalah dengan cara menghambat metabolisme bakteri plak yang dapat memfermentasi karbohidrat melalui perubahan hidroksi apatit pada enamel menjadi fluor apatit. Fluor ini sangat penting untuk pemeliharaan gigi agar tetap sehat, terutama pada anak-anak,karena dengan jumlah fluor yang masuk akan dapat membantu pembentukan enamel gigi yang lebih tahan terhadap kerusakan. Di samping itu, fluor juga bermanfaat untuk mencegah proses pembusukan gigi dan diyakini secara luas sebagai pencegahan karies gigi. Dari pembahasan di atas, kedua jenis mineral dapat disimpulkan bahwa baik kalsium maupun fluor yang ada dalam kandungan susu bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun gigi, terutama pada anak.Karena itu, lakukan pemeriksaan gigi secara rutin agar dapat memilih perawatan gigi yang tepat dengan hasil maksimal.
.
Sumber: Harian Seputar Indonesia
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: