Kecanduan Facebook??

Halo agan-agan semuanya! Masih sehat kah? Sekarang sudah jam 12 malam, seharusnya sudah saatnya untuk tidur. Tapi, aku baru saja menemukan artikel yang berhubungan dengan Facebook. Apakah kalian termasuk rutin dalam menggunakan Facebook? Hmm, yuk baca artikel ini!

Baru-baru ini, para peneliti telah menyimpulkan bahwa kaum remaja yang sangat sering menggunakan situs jejaring sosial dalam kehidupan mereka, sangat berpotensi untuk menjadi pencandu narkotika dan minuman beralkohol. Loh, bagaimana bisa? Para peneliti di National Center on Addiction and Substance Abuse (Casa) dari Columbia University, telah mensurvei ribuan responden dari usia 12 hingga 17 tahun. Hasil survei menyatakan bahwa remaja yang menghabiskan waktu mereka dengan situs jejaring sosial, beresiko 3 kali lebih tinggi untuk menjadi peminum beralkohol, dan 2 kali lebih tinggi untuk menjadi pencandu ganja bila dibandingkan dengan remaja yang jarang menggunakan situs jejaring sosial. Hal ini umumnya disebabkan karena banyak remaja yang melihat foto-foto teman mereka yang sedang mabuk di album akun situs jejaring sosial mereka.

“Hubungan gambar anak-anak mabuk, pingsan dan menggunakan narkotika pada jejaring sosial sepeti Facebook, ternyata dapat meningkatkan risiko penggunaan narkotika dikalangan remaja,” ungkap Yusuf Califano, Jr, pendiri CASA Columbia.

Hmm, sepertinya peristiwa ini harusnya menjadi pembelajaran bagi situs jejaring sosial untuk lebih selektif terhadap gambar-gambar yang menyesatkan para pengguna situs tersebut. Tapi, situs jejaring sosial tidak selalu memiliki sisi negatif. Aku hampir tiap saat online, membuka Facebook. Tapi, berbagi informasi terhadap teman, berlelucon, promosi blog, menghindari gambar-gambar yang tidak senonoh. Ya, semua tergantung diri kita juga, mau dibawa ke mana arah kehidupan kita. Ya, kan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: